Kamis, 22 Agustus 2013

5.4. Zoom Tool


Tentang Zoom
Zoom Tool sangat berguna untuk melihat tampilan object pada canvas, sehingga mempermudah pekerjaan pada saat membuat dan mengolah object. Object pada canvas dapat di lihat dengan jelas dan detail dengan cara memperbesar (mendekatkan) object tersebut, begitupun sebaliknya. 


Standard zoom yang digunakan inkscape adalah perbandingan "1" (satu) sama dengan satu pixel perlayar. Jika ingin melakukan kalibrasi zoom ke ukuran satuan dengan aslinya (misalnya inci atau centimeter), lakukan pengaturan pada File => Inkscape Preferences => Interface.

Menggunakan Zoom
Zoom Tool dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu melakukan klik ikon pada Tool Control, menekan tombol tertentu pada Keyboard, dan menekan tombol Ctrl dengan kombinasi tombol tengah pada mouse.

A. Menjalankan Zoom
Klik ikon Zoom Tool pada ToolBox, atau tekan F3 pada keyboard, penggunaan Zoom Tool juga dapat dilakukan dengan melakukan klik “View => Zoom => jenis zoom yang akan digunakan” pada Menu Bar.


B. Memperbesar
Klik ikon Zoom yang ada tanda Plus (tambah) atau tekan tombol Plus (tambah) pada keyboard


C. Memperkecil

Klik ikon Zoom yang ada tanda Minus atau tekan tombol minus pada keyboard, maka ukuran object pada layar akan mengecil


D. Perbandingan 1:1

Klik ikon Zoom yang ada tanda angka 1 (satu) atau tekan tombol angka 1 (satu) pada keyboard, maka ukuran layar akan sesuai 100% dengan ukuran gambar.


E. Perbandingan 1:2
Klik ikon Zoom yang ada tanda angka 1:2 atau tekan tombol angka 2 (dua) pada keyboard, maka ukuran layar akan sesuai 50% (setengah) dari ukuran gambar.


F. Perbandingan 2:1
Klik ikon Zoom yang ada tanda angka 2:1 (dua titik dua satu), maka ukuran layar akan sesuai 200% (dua kali) dari ukuran gambar.


G. Object tampil sesuai Jendela

Klik ikon Zoom yang ada tanda persegi panjang mendatar ditengahnya atau tekan angka 3 (tiga) pada keyboard, maka ukuran gambar yang sedang aktif akan membesar ketengah-tengah jendela.

H. Perbesar Object sesuai jendela
Klik ikon Zoom yang ada tanda dua bujur sangkar ditengahnya atau tekan angka 4 (empat) pada keyboard, maka ukuran semua object yang terlihat di tengah-tengah jendela.

I. Perbesar canvas sesuai Jendela
Klik ikon Zoom yang ada tanda persegi panjang tegak ditengahnya atau tekan angka 5 (lima) pada keyboard, maka ukuran canvas akan berada ditengah jendela.

J. Perbesar object ke tengah jendela
Klik ikon Zoom yang ada tanda persegi panjang mendatar yang letaknya agak kebawah atau tekan angka 6 (enam) pada keyboard, maka object akan berada ditengah-tengah jendela

K. Perbesar jendela sesuai riwayat 
Klik ikon Zoom yang ada tanda Segitiga menghadap ke kiri atau menekan lambang ~ (simbol seperti cacing) pada keyboard, maka tampilan jendela akan kembali seperti tampilam sebelumnya.
Jika melakukan klik Zoom yang ada tanda Segitiga menghadap ke kanan atau menekan Shift dan lambang “~” (simbol seperti cacing) maka akan berlaku sebaliknya.

Tips

  • Untuk melihat tampilan object tertentu, klik object tersebut kemudian  tekan dan tahan tombol Q pada keyboard, maka object akan terlihat membesar ditengah-tengah jendela, jika tombol Q dilepas maka tampilan layar akan kembali pada keadaan semula.
  • Untuk melihat tampilan canvas atau halaman dengan ukuran zoom tertentu dapat dilakukan dengan menentukan nilai tertentu pada kotak zoom yang ada di pojok kanan Status Bar



Tweak Tool

Tidak ada komentar:

Posting Komentar